Sabtu, 17 Januari 2009

MESIN UNTUK PRODUKSI SNACK - CHEESE STICK & BBQ STICK

Snack Cheese Stick/BBQ Stick, makanan ringan/snack ini sangat digemari mulai anak-anak hingga dewasa. Proses Pembuatan Cheese Stick dapat dilakukan secara manual ataupun bisa juga dengan bantuan mesin & peralatan sederhana. Jadi tidak memerlukan investasi usaha yang terlalu tinggi. Proses pembuatannya meliputi:



1. Pencampuran Adonan memakai mixer pencampuran adonan
2. Memipihkan adonan dengan menggilas secara manual, atau bisa juga menggunakan mesin penipis adonan untuk kulit pangsit & mie.
3. Proses Penggorengan, bisa menggunakan wajan besar atau menggunakan deep friyer.
4. Proses Penirisan Minyak menggunakan Mesin Peniris Minyak, tujuannya supaya minyak yang menempel pada snack yang kita goreng bisa dikurangi seminim mungkin. Proses ini bisa membuat hasil snack yang kita produksi lebih renyah, lebih tahan lama & lebih kering. Selain itu minyak yang ditampung, bisa dipakai lagi.
5. Mesin Pengemas. Untuk mengemas produk snack yang kita produksi yang paling sederhana & murah harganya adalah memakai Hand Sealer. Apabila memakai plastik pengemas yang lebih tebal, bisa memakai memakai mesin Las Injak, Pedal Sealer, Vertical – Horizontal Continuous Sealer .
Untuk Sanck yang mudah pecah/remuk bisa memakai system pengemasan yang ditiup udara.
6. Mesin Hand Printer/Mesin Pencetak kadluarsa dari bahan.


Mesin mesin yang digunakan untuk memproduksi Cheese Stick/BBQ Stick, hampir sama dengan mesin mesin yang digunakan untuk memproduksi adonan kulit pangsit:

Mixer Pencampur Adonan Snack
Mesin ini digunakan untuk mencampur bahan – bahan snack, mulai dari bahan-bahan kering yang ditambahkan bahan-bahan liquid. Proses pencampuran adonan snack tidak boleh terlalu kalis, karena, setelah adonan tercampur rata, adonan akan dipipihkan & dikaliskan dengan mesin penipis adonan. Ada berbagai pilihan mesin untuk mencampur adonan snack:

Mixer Adonan Mie No. 04
Specification
Daya: 1,1Kw/220V
Kapasitas: 10-15 Kg Adonan/proses
Dimensi : 64 x 48 x 76 cm
Buatan : Taiwan.

Mesin buatan Taiwan ini digunakan untuk adonan mie, snack, Dll. Mesin ini menggunakan Dinamo Listrik. Tabung dan Pengaduk terbuat dari Stainless Steel, frame terbuat dari besi. Dapat mengaduk adonan dalam waktu singkat. Tersedia pula dengan kapasitas 25 Kg/ proses. Sealin yang buatan Taiwan ada juga yang buatan RRC yang lebih murah:
Type SXH 15- RRC, kapasitas 15Kg
Type SXH 25- RRC, kapasitas 25 kg


Untuk mesin pengaduk adonan ini juga ada versi yang lebih ekonomis dari mixer impor, dengan rangka terbuat dari besi yang dicat dan bak tempat mengisi adonan yang terbuat dari plastic dengan daya 450 W/220 V berkapasitas 3 kg. H
MIXER ADONAN MIE LOKAL No.110
Daya : 450 Watt / 220 V
Dimensi : 65 x 40 x 60 cm
Berat : 30 kg
Kapasitas : 3 kg
Harga : Rp. 4.500.000,-
Harga belum termasuk PPN 10%

Mixer ini merupakan versi ekonomis dari mixer mie impor, dengan rangka terbuat dari besi yang di cat, dan bak tempat mengisi adonan, yang terbuat dari plastik.


Mesin Penipis Adonan
Mesin ini berfungsi sebagai penipis mie & Kulit Pangsit,bisa juga dipakai untuk menipiskan adonan Snack, sebelum adonan snack dipotong sesuai dengan bentuk yang diinginkan.Dengan mesin ini dapat diatur ketebalan lembaranSnack yang akan dipotong dengan mudah.

Mesin Penipis Adonan Mie & Kulit Pangsit No 05.

Specification
Type: SXY130 (134 rpm)
Daya: 2Kw
Dimensi : 72x64x110 cm
Hasil:30 cm, 125 kg/h
Berat: 128 Kg
Buatan: RRC

Mesin ini Berfungsi sebagai penipis adonan mie, kulit pangsit, bisa juga untuk memproduksi snack sejenis cheese stick, crispy garlic snack, pillow snack dan lainnya. Menggunakan penggerak motor listrik, kapasitas produksi 25-50 Kg adonan perjam.

Mesin Roll & Potong Mie 08b.
Specification
Daya: 550W/220V
Dimensi : 39 x 30,5 x 47 cm
Buatan : RRC

Mesin ini berfungsi sebagai penipis sekaligus pemotong mie. Selain itu juga dapat digunakan untuk memproduksi kulit pangsit, kulit pastel, kulit lumpia, juga untuk menipiskan adonan snack. Dll. Hasilnya bisa tipis sesuai dengan kebutuhan. Penggerak menggunakan motor listrik. Body terbuat dari besi di cat.


Mesin Penipis dan Pemotong Mie Mini No. 08a.
Specification
Daya: 450W/220V
Dimensi : 40 x 45 x 60 cm

Berfungsi sebagai penipis sekaligus pemotong mie. Ada 2 ukuran untuk pemotong mie : Mie kecil & Mie Lebar, selain itu juga dapat digunakan untuk memproduksi kulit pangsit, kulit pastel, snack bbq, chesse stick, Dll. Hasilnya bisa tipis sesuai dengan kebutuhan. Penggerak menggunakan motor listrik. Body terbuat dari besi di cat. Bagian yang kontak dengan bahan makanan dilapisi dengan System verchrome.


Alat & Mesin Pengoreng Snack.

Untuk Menggoreng Snack bisa memakai wajan yang besar, atau bisa juga mengginakan penggoreng deep friyer. Mesin penggoreng Deep Friyer ada yang Ekonomis, tanpa pengatur suhu, ada juga yang otomatis dengan pengatur suhu

Deep Friying Ekonomis No.115
Spesifikasi:
Daya : Gas LPG
Kapasitas : 25 ltr minyak goreng
Dimensi : 90 x 70 x 85 cm
Berat : 20 kg

Harga :
Small : Rp. 1.700.000,-
Medium : Rp. 2.200.000,-
Large : Rp. 3.100.000,-
Harga belum termasuk PPN 10%
Digunakan untuk menggoreng donat, kripik, dll. Tabung penggoreng dibuat dari stainless.

Mesin Deep Frying Otomatis
suhu/Panas Minyak dapat diatur Otomatis.
Specification
Type: Full Stainlesstel
Kapasitas minyak: 30 L
Dimensi: 60 x 90 x 100 cm
Berat: 20 Kg

Alat Penggorengan dengan LPG, dan derajat panas bisa diatur pada panel petunjuk. Sehingga bisa digunakan dengan panas yang dibutuhkan, dengan demikian bila terjadi kelebihan panas/ temperatur mesin ini akan secara otomatis mengecilkan api LPG, sehingga sesuai dengan panas/ temperatur yang dikehendaki, dengan demikian penggunaan LPG akan lebih hemat. Sealin itu dengan menggunakan Deep Frying Otomatis, minyak yang dipakai untuk produksi tidak mudah rusak karena over heating, jadi minyak dapat dipakai menggoreng berulang ulang.


Mesin Peniris Minyak

Proses Penirisan Minyak menggunakan Mesin Peniris Minyak, tujuannya supaya minyak yang menempel pada snack yang kita goreng bisa dikurangi seminim mungkin. Proses ini bisa membuat hasil snack yang kita produksi lebih renyah, lebih tahan lama & lebih kering. Selain itu minyak yang ditampung, bisa dipakai lagi.


Mesin Penapis Minyak No.090

Specification
Type: 1/3 hp
Daya: 250W
Dimensi: 50x65x60 cm
Diameter: 40 cm
Berat: 25 kg

Mesin ini berfungsi sebagai peniris minyak, bisa digunakan untuk keripik buah, udang, kerupuk, makanan ringan seperti gorengan kacang, snack dlldll. bahan yang akan ditiriskan dari minyak dimasukkan ke dalam tabung yang disediakan, kemudian nyalakan mesin, sampai minyak mengucur kluar, matikan mesin, ulangi proses bila dirasa masih banyak minyak/ air yang melekat pada bahan. Mesin ini menggunakan penggerak motor listrik. Tersedia berbagai ukuran & kapasitas.

Mesin Penapis Minyak With Inverter No. 091.
Specification
Type: 1/3 hp
Daya: 250W
Dimensi: 50x65x60 cm
Diameter: 40 cm
Berat: 25 kg


Mesin ini berfungsi sebagai peniris minyak. bisa digunakan untuk menghilangkan minyak pada abon, gorengan, snack, kacang gornga, keripik buah, udang crispy, kerupuk, dll. bahan yang akan ditiriskan dari minyak dimasukkan ke dalam tabung yang disediakan, kemudian nyalakan mesin, sampai minyak mengucur kluar, matikan mesin, ulangi proses bila dirasa masih banyak minyak/ air yang melekat pada bahan. Mesin ini menggunakan penggerak motor listrik. Mesin ini dilengkapi dengan inverter (pengatur kecepatan), sehingga aman diguankan untuk produk gorengan yang mudah hancur. Tersedia berbagai ukuran & kapasitas.


Mesin Pengemas Snack:Mesin Hand Sealer No 40

Specification
Daya: 350W/220V
Kapasitas: 30 cm
Mesin Kemasan manual untuk plastik dengan penggunaan yang mudah dan ditujukan untuk industri rumah tangga. Hasil seal kuat dan rata. Menggunakansystem pemanas induksi sehingga hasilnya cepat & rata. Tidak menimbulkan panas kepada operatornya. Panas diatur dengan skala 1-9. Dilengkapi dengan lampu LED yang menyala selama proses sealer berlangsung dan akan otomatis mati yang menandakan proses sealer sudah selesai.

Mesin Las Injak 077
Specification
Daya: 350W
Ukuran Matras:20 cm, 30cm dan 36 cm
Tersedia juga ukuran matras: 40 cm dan 50 cm
Posisi Matras Bantalan ada yang datar & ada juga yang miring.

Mesin las untuk plastik tebal, alumunium foil, standing pouch. dengan suhu hingga 200celcius. posisi bantalan sealer yang datar (harga lebih murah, bisa dipakai untuk mengemas snack, tetapi tidak bisa untuk mengemas cairan).
Posisi bantalan yang miring memudahkan anda bila, anda ingin menggunakan standing pouch, yang berisi bahan cair sehingga tidak tumpah pada saat di las.



Mesin Continous Sealer With Gas No.059.
• Specification
Daya: 350W/220V

Mesin ini berfungsi sebagai pengepak dengan menggunakan gas. seperti yang dipakai untuk kemasan chiki, taro dan sebagainya. Keistimewaan mesin pengemas ini akan menghasilkan kemasan kembung, berisi udara sehingga snack yang terkemas didalamnya tidak hancur. Mesin ini menggunakan daya listrik.

Mesin Hand Printer No 84
Mesin Pencetak Tanggal Kadaluarsa
Specification
Type: 3 line 45 numbers
Daya: 40W
Dimensi:23 x 20 x 16 cm (Mesin Hand Printer) dan 3 cm (Mesin Pita Hand Printer)
Berat: 2,5 Kg

Mesin ini digunakan untuk mencetak expired date. dapat mencetak di permukaan packing material yang lembut, dengan hasil cetak yang bersih dan cepat mengering. sangat mudah untuk mengganti angka, sesuai dengan yang dibutuhkan. Type HP 351, adalah mode manual, sederhana bentuknya dan sangat mudah dioperasikan.

Tips:
Selain mengguankan mesin pengemas yang sesuai dengan produk kita, jenis plastik yang digunakan untuk mengemas snack juga berpengaruh terhadap kerenyahan & ketahanan masa kadaluarsa snack. Semakin tebal plastik yang digunakan akan semakin tahan lama. Selain ketebalannya, jenis plastik yang dipergunakan juga berpengaruh terhadap masa simpan produk. Plastik yang dipergunakan untuk memproduski snack biasanya dari bahan:
1. PP (poly propylene)
Plastik yang umum kita beli di pasaran, dengan banyak variasi ketebalan,
penampilanya bening dan mengkilap.
2. PE (Poly ethylene)
Plastik yang umum kita beli di pasaran, dengan banyak variasi ketebalan,
penampilanya tidak terlalu bening, tetapilebih lentur dibandingkan dengan plastik
jenis PP
3. Nylon.
Jenis plastik Nylon ini lebih bagus daripada 2 jenis plastik yang disebutka
diatas, tetapi harganya juga lebih mahal.
4. Metalizing Plastik.
Jenis plastik yang dilapisi dengan lapisan metalizing, selain kedap udara juga
melindungi produk dari sinar matahari. Biasanya dipakai untuk mengemas produk
snack, dengan penampilan yang elegant 9kilap seperti perak).
5. Aluminium Foil.
Jenis plastik pengemas yang paling bagus kulitasnya, juga harganya paling
mahal,dilapisi dengan lapisan aluminium, selain kedap udara juga
melindungi produk dari sinar matahari. Biasanya dipakai untuk mengemas produk
dengan nilai jual tinggi seperti kripik buah, susu, vitamin dll.
Penampilan yang elegant (kilap seperti perak).
Tristar Machinery menjual & menerima pesanan plastik Nylon, Metalizing & Aluminium Foil. Ukuran, ketebalan, Spesifikasi plastik bisa sesuai dengan permintaan. untuk pesanan ukuran tertentu berlaku minimum order.

Info Lebih lanjut bisa menghubungi:
Tristar Machinery:
Address: Jln. Rungkut Mapan Utara Blok CA24 Surabaya.
Telp 031-8708071. Fax: 031-8722794.
Contact Person:
• Ibu Rosa : 088803211729.
• Ibu Dewi Hp; 08883203340
Bpk Ferry flexi: 031-70232224 - 081330467779
• Email: tristarchemical@yahoo.co.id.
• Website: www.infomesin.com

• Cabang: Jln Kedung Anyar 8/55 Surabaya
• Telp: 031 – 5316496
• Contact Person: Ibu Yuni 031-70022992

CABANG JAKARTA:
Jln. Jelambar Barat III Komplek Indoruko 45 No. 29. 021-70288024
Contact Person: Lenny Hp 081807492676, Christin Hp 081905686676
Info Mesin: Susanto: 08888409474

Lampung: Mbak Andrie Telp: 0721784263 – 085269218299.

Balikpapan: Ibu Karine Telp: 0542-5608080 - 087812136080.

Solo: Bpk Tejo. Telp: 0271-631989. Hp; 08122970077.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar