Kamis, 22 Januari 2009

Peluang Bisnis Jagung Bakar di Mall - Mesin Panggang BBQ Tanpa Asap

*Membakar Jagung Tanpa Asap.
*Menambah Variasi rasa pada Jagung Bakar.
Mesin Panggang Jagung Tanpa Asap

Tanya:
Saya penggemar rubrik konsultasi usaha yang diasuh Bpk Juwono, karena bisa memberikan gambaran & solusi untuk mencari peluang usaha baru. Saya mempunyai stan makanan di Mall, tetapi sekarang saya bingung, mau memulai usaha ini, karena sudah banyak saingan yang menyediakan aneka makanan. Saya ingin mengolah produk Jagung, baik itu yang diolah dengan direbus seperti Cupcorn, maupun Popcorn. Maksud saya ingin menambah varian jagung bakar, tetapi setelah saya ajukan ternyata ditolak oleh pengelola mall, karena kalau memakai alat panggang biasa akan menimbulkan asap, sedangkan kalau memakai alat panggang electric, hasilnya kurang bagus & baunya kurang timbul? Adakah solusinya untuk saya? Selain itu saya juga ingin menambah variasi rasa jagung bakar saya, selama ini saya menyediakan rasa asin, manis & pedas. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

Jawab:

Untuk mengelola usaha makanan di Mall memang gampang gampang susah, karena sudah banyak saingan & harus selalu mencari inovasi baru agar dagangan kita bisa laris manis.
Ide ibu untuk menjual aneka produk olahan dari jagung sangat bagus sekali, karena bahan bakunya murah & mudah didapat. Jika kita dapat mengolahnya menjadi produk akhir yang enak tentunya bisa meningkatkan harga jual.

Untuk mengolah jagung bakar, biasanya memang diperlukan tempat terbuka agar asap yang timbul tidak mengganggu, sehingga hal ini menjadi hambatan bagi ibu untuk berjualan jagung bakar di Mall. Hal ini dapat disiasati dengan memakai alat panggang tanpa asap yang menggunakan infra red, dimana alat panggang jenis ini tidak menimbulkan asap, tetapi bau harum dari makanan yang dipanggang tetap timbul, sehingga bisa menarik perhatian. Alat panggang tanpa asap ini memakai gas LPG & dapat di atur besar kecil apinya.

Gambar : 101a. Mesin Panggang Barbeque
tanpa Asap 4 api


Gambar : 101b. Mesin Panggang Barbeque
tanpa Asap 4 api Stainless



Gambar : 101c. Mesin Panggang Barbeque tanpa Asap 6 api Stainless

Jagung yang akan dibakar, dikupas kulitnya & serabutnya, lalu dibakar diatas alat panggang sampai merata, matang & sedikit gosong, setelah matang jagung baru dioles dengan margarin yang sudah dicampur dengan bumbu sesuai dengan selera.


Gambar : Bumbu Tabur


Untuk menambah variasi rasa dari jagung bakar selain asin, manis & pedas, ibu dapat menambahkan bumbu tabur rasa BBQ, Keju, Pizza, Balado dll. Supaya merata, bumbu tabur ini bisa dicampurkan pada margarine yang akan digunakan untuk membakar jagung. Jadi dengan cara yang mudah & praktis, ibu dapat membuat varian baru, supaya konsumen tidak bosan.

Selain jagung bakar aneka rasa, bisa juga menjual Jagung Bakar Serut, jadi sebelum disajikan ke konsumen, jagung bakar ini diserut dulu diatas piring kecil, lalu selanjutnya bisa di tambah dengan mayonnaise, susu kental manis, serutan keju, dll. Menu baru ini sekarang sangat populer & digemari masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar